Apakah Jumat Agung Adalah Mitos?

April 1, 2021
Posted in Apologetika
April 1, 2021 gracealone

Apakah Jumat Agung adalah mitos? 5 Sumber Tulisan Kuno Non-Kristen yang menunjukkan Jumat Agung benar-benar terjadi.

Kita, Orang Kristen, percaya bahwa jumat Agung adalah sebuah peristiwa yang sangat penting dalam Kekristenan. Saat Allah yang turun menjadi manusia, Yesus Kristus, disalibkan, mati, dan dikuburkan untuk menebus kita dari dosa. Ini merupakan peristiwa yang sangat mengemparkan sekaligus kabar sukacita tentang keselamatan bagi Orang Percaya.

Tapi pernahkah Anda menemui orang-orang di luar Kristen yang berkata, “Tidak..Ia tidak mati!” atau “Peristiwa kematian Yesus hanyalah mitos..bukan Dia yang disalibkan”? Mereka kerap kali tidak peduli dengan teks Alkitab dan meminta kita membuktikan peristiwa Jumat Agung ini dari luar Alkitab. Namun kita tidak kekurangan bukti, rupanya ada banyak sejahrawan non-Kristen yang mencatat tentang peristiwa kematian Tuhan kita ini:

1. Flavius Josephus, Sejahrawan Yahudi (37-100M) “Ketika Piatus, mendengar Dia (Yesus) dituduh oleh orang-orang yang memiliki kedudukan tinggi di antara kami, telah mengutuk Dia untuk disalibkan.” – Josephus, Antiquities, 18.63-64.

2. Cornelius Tactitus, Sejarahwan terbesar Romawi (55-120 M) “Nero memikul dosa (pembakaran Roma) dan memberikan siksaan yang hebat untuk kasta yang ia benci karena kekejian mereka, yang disebut orang Kristen oleh rakyat. Kristus, dari situlah nama itu berasal, menderita hukuman ekstrem selama masa pemerintahan Tiberius di tangan salah satu kejaksaan kami, Pontius Pilatus. ” – Cornelius Tacitus, The Annals 15.44.

3. Lucianus dari Samosata, Satiris Yunani (125-180 M) “Kamu tahu, orang-orang Kristen menyembah seorang pria sampai hari ini – Ia adalah tokoh terkemuka yang memperkenalkan ritus-ritus baru pada mereka, dan salibkan karena itu.” – Lucian of Samosata, The Death of Peregrine 11-13.

4. Mara Bar-Serapion, Filsuf Syria (56-117 M) “Keuntungan apa yang diperoleh orang Yahudi dengan menghukum mati raja mereka yang bijaksana? Sejak waktu itulah kerajaan mereka dilenyapkan.” (Mara Bar-Serapion, 73M.)

5. Talmud Yahudi, Tulisan Kerabian Yahudi ( M) “Pada malam Paskah, Yesus digantung.”(Talmud, Sanhedrin 43a, Bdk. Luk 23:39; Gal 3:13.)

Yang menarik, bahkan Sarjana Perjanjian Baru yang liberal, Agnostik, maupun Ateis pun setuju bahwa penyaliban dan kematian-Nya adalah fakta. Fakta tentang peristiwa Jumat Agung tak terbantahkan saat melihat pada sejarah, semua itu selaras dengan kesaksian Alkitab. Jika dahulu salib adalah lambang hukuman yang menakutkan, sekarang salib menjadi simbol kekuatan dan pengharapan untuk keselamatan kekal kita. Yesus dari Nazareth adalah Sosok yang dieksekusi oleh penyaliban di bawah pemerintahan Romawi pada tahun 30-an. Jumat Agung bukanlah mitos!

Sumber: http://apologeticsguy.com

 

Artikel ini telah diunggah di Instagram API:
https://www.instagram.com/p/CNIEqWhhM08/

, , , , , , , , ,
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.