Galau Ditinggal Mati, Jadi Halu-kah Para Murid?

April 5, 2021
Posted in Apologetika
April 5, 2021 gracealone

Para murid kaget dan putus asa saat Yesus ditangkap, Sang Guru yang mereka ikuti siang dan malam akan dihukum mati. Bahkan karena takut, hampir semua dari mereka lari dan menyangkal Yesus jelang penyaliban-Nya. Pun setelah Yesus mati, para murid juga tidak berharap untuk berjumpa Yesus lagi; sungguh kelam keadaan para murid saat itu.

Namun yang aneh, selang beberapa hari, dengan tekad yang berapi-api mereka memberitakan bahwa Yesus telah bangkit dan berkata bahwa Yesus telah menampakkan diri-Nya secara langsung kepada mereka. Apa yang terjadi? Banyak tuduhan yang mengatakan bahwa mereka melihat Yesus dalam halusinasi mereka. Galau ditinggal mati, Jadi halu-kah para murid karena ditinggal mati oleh Guru mereka tercinta?

Yang perlu kita tahu, halusinasi tidak mungkin dialami oleh sekumpulan orang secara bersamaan dengan halusinasi yang sama. Halusinasi antar satu individu dengan individu yang lain berbeda. Namun perjumpaan dan interaksi dengan Yesus yang dialami oleh para murid dan saksi mata lain terhitung lebih dari 500 orang BERBEDA di 12 waktu dan tempat yang BERBEDA selama 40 hari jelas menampik tuduhan halusinasi ini.

Alkitab mencatat perjumpaan-perjumpaan langsung dari para murid yang mendapatkan perjumpaan dengan Yesus yang telah bangkit:

1. Kepada Maria Magdalena (Yoh. 20:14-16)

2. Kepada para wanita yang kembali dari kubur Yesus (Mat. 28:9-10); (Mrk. 16:1)

3. Kepada Petrus (Luk. 24:34; 1 Kor. 15:5)

4. Kepada dua orang murid yang pergi ke Emaus (Luk. 24:13-16; Mrk. 16:12-13)

5. Kepada seluruh murid Yesus (Yoh. 20:26-29)

6. Kepada tujuh murid di pantai Danaul Galilea (Yoh. 21:1-4)

7. Kepada lebih dari 500 orang murid di Galilea (1 Kor. 15:6)

8. kepada Yakobus, saudara Tuhan Yesus (1 Kor. 15:7).

Melalui banyaknya saksi mata dalam peristiwa kebangkitan Yesus, kita dapat yakin dan menyimpulkan bahwa Ia telah bangkit. Para murid sungguh menjumpai Yesus yang telah bangkit dan tuduhan bahwa para murid berhalusinasi tidak dimungkinkan.

Mengikuti semangat dari para rasul, bahwa kebangkitan Yesus adalah berita yang harus diproklamasikan sekaligus diargumentasikan. Jangan ragu untuk percaya sebab ada banyak saksi mata yang tercatat di dalam Alkitab, jangan ragu untuk bersaksi karena Ia sungguh telah bangkit.

Kiranya hidup dan perkataan kita menjadi saksi tentang Kristus Yang Telah Bangkit di tengah dunia ini.

 

Artikel ini diunggah pula di Instagram API:
https://www.instagram.com/p/CNSYfEBBG05/

, , , , , , ,
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.